Senin, 07 November 2016

konsep 5R yang selalu digunakan SMA N 3 Boyolali

      konsep 5R adalah salah satu konsep yang dilakukan oleh SMAGA untuk kriteria penilaian sekolah adiwiyata mandiri.konsep 5R berasal dari kata bahasa inggris yaitu Reduce(Mengurangi),Recycle(MendaurUlang),Reuse(MenggunakanKembali),Replace(Menggunakan  Kembali ),Replant(Penanaman Kembali) . konsep 5R dalam lingkungan ini adalah:

1.Recycle, atau mendaur ulang adalah kegiatan mengolah kembali atau mendaur ulang.pada          prinsipnya memanfaatkan barang bekas dengan cara mengolah materinya untuk dapat digunakan      lebih lanjut.contoh: mengolah sampah organik untuk dijadikan pupuk.

2. Reuse,atau penggunaaan kembali adalah kegiatan menggunakan kembali material atau bahan yang    masih layak pakai. contoh : menggunakan baterai isi ulang.

3. Reduce,atau pengurangan adalah kegiatan mengurangi pemakaian atau pola perilaku yang dapat  mengurangi produksi sampah serta tidak melakukan pola konsumsi yang berlebihan.contoh:      menggunkan alat makan dan dapur yang tahan lama dan berkualitas.

4.Replace, atau penggantian adalah kegiatan untuk mengganti pemakaian suatu barang atau memakai  baran alternartif yang sifat lebih ramah lingkungan dan dapat digunakan kembali.

5. Replant, atau penanaman kembali adalah kegiatan melakukan penanaman kembali.contoh:    membuat kompos dan berkebun di pekarangan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar